TED Talks - Lear Boroditsky
How Language Shapes The Way We Think
https://www.youtube.com/watch?v=RKK7wGAYP6k 

To have another language is to possess a second soul ~Charlemagne~
What is in a name ~ Shakespeare~ 

Salah satu kemampuan ajaib yang dimiliki manusia adalah manusia dapat berbahasa. Manusia dapat mengkomunikasikan beragam hal rumit antara satu dengan yang lain. Dikarenakan kemampuan berbahasa ini lalu manusia dapat bertukar pikiran dan pengetahuan. Itu sebabnya kita tidak akan melihat ubur-ubur berjalan di dalam perpustakaan sambil berpikir tentang mekanika kuantum.

Setidaknya terdapat 7.000 bahasa yang tersebar di seluruh penjuru dunia. Beberapa bahasa memiliki cara pengucapan berbeda, kosa kata yang lebih beragam, dan struktur yang bervariasi. Perbedaan struktur ini lah yang amat membentuk bagaimana manusia berpikir. dapat menentukan bagaiman Misal dalam meminta arah kompas, orang yang terbiasa membuat arah lewat bahasa akan memiliki kemampuan memahami arah lebih baik. 

Seiring dengan berjalannya waktu, riset terus dilakukan untuk memahami bahasa lebih baik. Contoh dari hasil penelitian itu dapat kita temukan pada suku Aborigin di Australia. Suku Kuuk Thaayorre yang tinggal di Pormpuraaw mereka tidak menyebutkan arah dengan sebutan "kiri" atau "kanan" tapi mereka berkomunikasi dengan menggunakan arah mata angin seperti utara, timur, selatan dan barat. 

"Kemana kamu pergi? Ke barat. Pindahkan gelas ke barat daya!" adalah contoh struktur komunikasi di sana. Hasilnya? Mereka lebih peka terhadap arah mata angin. Sekarang coba kamu sebutkan dengan cepat kemana kamu sedang menghadap sekarang? Mungkin kamu akan menjawab dengan sangat lama atau bahkan salah. Tapi bisa jadi seorang anak usia 5 tahun di sana dapat dengan mudah menunjukkan arah mata angin.
Contoh lainnya bahasa dapat mempersepsikan seseorang terhadap waktu. Dalam bahasa Inggris, ketika kita diminta mengurutkan orang dari muda ke tua, mungkin orang-orang akan cenderung mengurutkan yang muda di sebelah kiri dan tua di sebelah kanan. Begitu juga cara mereka menulis dari kiri ke kanan. Tapi bagi orang Arab, mereka akan mengurutkan muda ke tua dari arah sebaliknya yakni kanan ke kiri. Suku Aborigin tadi tidak seperti itu. Bagi mereka waktu memiliki arah timur ke barat. Sehingga kemanapun kamu pergi dan menghadap, kita akan mengurutkan waktu dari timur ke barat. Waktu bagi mereka terikat dengan arah.

Beberapa bahasa punya cara membaca warna berbeda. Dalam bahasa inggris biru hanya blue dalam bahasa Rusia ada dua istilah untuk dua warna biru yang berbeda. Dalam bahasa lain, ia juga membentuk bagaimana kita berhitung. Di beberapa daerah, mereka tidak mengenal anka tujuh dan delapan misalnya. Dsb.

Salah satu hal paling menarik dari bahasa adalah kita dapat melihat beberapa bahasa memiliki jenis kelamin terhadap kata benda. Misal:


Language
Sun
Moon
Bridge
German
Feminine
Masculine
Feminine
Spanish
Masculine
Feminine
Masculine

Itu sebabnya seorang berkebangsaan Jerman akan mendeskripsikan jembatan sebagai sesuatu yang elegan sebab ia berjenis kelamin feminin. Sementara itu seorang berkebangsaan Spanyol akan berkata bahwa jembatan itu memiliki karakter panjang dan kuat. (._.)

Contoh lainnya dalam bahasa Inggris dan Spanyol saat membandingkan bagaimana kita mempersepsikan korban dari suatu kejadian yang tidak sengaja dilakukan. Speaker Inggris dan Spanish akan berbicara dengan frasa:

English: He broke the vase. I broke my arm
Spanish: The vase broke. The vase broke itself

Dampak psikologis dari cara berbahasa seperti ini bagi English speaker, mereka akan tau siapa pelakunya dan akan memiliki kecenderungan menghukum lebih pelakunya. Sementara Spanish akan mengingat bahwa hal itu bisa jadi merupakan ketidaksengajaan.

Review Sifat Bahasa
Big: Merupakan sebuah sistem yang besar
Deep: Bahasa membuat orang jadi bisa mengenal angka dan dunia baru
Early: Bisa tau persepsi seseorang
Broad: Ternyata bisa mengatur persepsi terhadap benda feminin maskulin
Weighty: Punishment kepada pelaku ketidaksengajaan

No comments:

Post a Comment