The Islamic Ikigai - Muslim Life Purpose

Masih berbicara tentang konsep Islam dalam memandang tujuan hidup... Setelah membahas 2 poin ikigai pertama yakni mujahadah dan khaliifah, tersisa konsep rahmah dan ibadah. Kalau belum membaca dua tulisan sebelumnya, Asa rekomendasikan untuk baca terlebih dahulu agar dapat mengetahui proses pemikiran yang menelurkan konsep ini. 

Sebagai catatan amat sangat penting: konsep ini lahir dari interpretasi pribadi terhadap sumber hukum Islam yakni Al Quran dan hadist yang dikembangkan juga dari konsep-konsep yang sudah ada sebelumnya. Nothing new under the sun.


Islamic Ikigai - Reason for Being as A Muslim

Ketiga, Rahmah

Ia berbicara tentang semangat kebermanfaatan, contribution oriented. Sebab Islam memang mendorong umatnya untuk bisa memberikan rahmat (kebaikan dan kasih sayang) dalam bentuk apapun yang Ia mampu dimanapun dan kapanpun.

Pernah mendengar hadist tentang cabang iman?

Dari Abu Hurairah mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Iman itu ada tujuh puluh tiga sampai tujuh puluh sembilan, atau enam puluh tiga sampai enam puluh sembilan cabang. Yang paling utama adalah perkataan, LAA ILAAHA ILLALLAHU (Tidak ada tuhan yang berhak disembah selain Allah). Dan yang paling rendah adalah menyingkirkan gangguan dari jalan. Dan malu itu adalah sebagian dari iman."

Pertanyaannya. Apa manfaatnya menyingkirkan gangguan atau duri dari jalan bagi diri kita? Sementara bisa jadi kita hanya melewati jalan tersebut satu kali saja. Sebab hadist ini juga berbicara tentang memberikan maslahat kepada orang lain. Mengambil duri dari jalan akan membuat pejalan kaki berikutnya tidak akan terkena gangguan itu. See? Iman terendah berbicara tentang manfaat yang bisa kita berikan untuk orang lain walau hanya dengan cara menyingkirkan gangguan dari jalan.
Itu sebabnya untuk dapat memberikan manfaat terbaik, kita perlu menjadi ulil albab yang membaca (iqra') kebutuhan dan masalah yang ada di sekeliling kita.

 Apa yang dunia butuhkan? Apa yang sekelilingku perlukan?


Keempat, Ibadah

Ia melingkupi semua aspek yang ada. Kenapa? Sebab sejak awal ibadah memang tujuan dasar penciptan manusia dan jin. Dalilnya? Sudah pada hapal semua karena ini termasuk ayat favorit para khatib di Indonesia dalam khutbah mereka: Adz Dzaariyaat ayat 56.

Oleh karenanya, segala bentuk peran mujahadah, khalifah dan rahmah seorang muslim harus dipastikan berada dalam bingkai ibadah. Ia adalah sesuatu yang Allah ridhai, sesuatu yang mendatangkan rahmat dan ampunan Nya.

Menjadi manusia yang dapat memiliki tujuan hidup dengan ketiga aspek mujahadah, khalifah dan rahmah adalah orang-orang langka! Bahkan orang sukses yang kita banyak lihat di media belum tentu memiliki kesemuanya walau ia mendapatkan kesuksesan hidup darinya. Sebab ikigai yang sempurna mungkin hanya bisa dimiliki oleh beberapa orang saja, maka bingkai ibadah ini yang akan membantu kita sebagai seorang muslim agar tidak menyimpang ketika mengarungi kehidupan di dunia.
Pun tidak mendapatkan semua aspek, yang penting memastikan hidup senantiasa dalam bingkai ibadah
Selain itu, fungsi dari bingkai ibadah adalah pembeda antara seorang muslim dengan selainnya. Sebagai contoh kasar bisa jadi ada di luar sana orang yang memiliki semangat untuk korupsi (mujahadah), baginya memainkan tipu muslihat untuk menggocek penyidikan adalah keahliannya bahkan tidak jarang ia menjadi tempat berkonsultasi rekan lainnya sebelum melakukan tindakan korupsi (khalifah), tak berhenti sampai sana sebagian uang korupsinya digunakan untuk membangun yayasan sosial (rahmah). Hal seperti ini tidak akan pernah menjadi tujuan seorang muslim sebab ia jelas tidak berada dalam bingkai ibadah karena melakukan tidakan dzalim.

-----------------------------

Demikian konsep terbaru dari Ikigai yang terbayang hingga saat ini. Konsep ini tentu saja dapat berubah dan disempurnakan terus menerus kedepannya. Tapi setidaknya apa yang ada sekarang sudah jauh lebih matang daripada gagasan awal yang masih prematur XD

Thought? Feel free to discuss and leave your comments! :)

--------------------------------------
Reason for Being as Muslim

Pena 1. Ibadah - Islamic Concept of Reason of Being

Pena 2. Islamic Ikigai Revised Part 1

Pena 3. Islamic Ikigai Revised Part 2


---------------------------------------

Picture by Hello I'm Nik @unsplash

No comments:

Post a Comment