Tidak semua orang cukup PD untuk bisa berbicara di depan umum sementara hal tersebut dibutuhkan oleh kita dalam berbagai macam kesempatan. Dari sini lah kemudian muncul profesi MC, moderator, sekolah public speaking dan lain sebagainya. Ternyata kemampuan ini dicari dimana-mana. Pertanyaannya, "gmana kang cara saya mulai belajar public speaking?". Yuk coba kita bahas di sini.


Kesulitan Terbesar adalah untuk Coba Memulai

Wajar. Riset di Amerika saja menunjukkan bahwa 78% orang lebih takut untuk berbicara di depan publik daripada banyaknya orang yang takut dengan kematian. Katanya sih karena manusia sudah punya insting survival sejak dahulu kala sehingga manusia lebih terbiasa untuk berhadapan dengan momen menegangkan yang mengancam kematian daripada bicara di depan umum. Lucu juga pas pertama kali baca riset ini.

Untuk yang belum terbiasa public speaking, biasanya kita merasa takut atau gugup sebelum bicara. Pun sudah hapal teksnya, begitu maju kedepan bubar semua deh ingatannya. Setiap orang juga merasakan gejala gugup yang berbeda. Ada yang berkeringat dingin, berasa mau ngom**pol sampai mules mau bo**ker. Tenang aja, kalau kamu merasakan begitu maka itu adalah hal yang wajar kok. Setiap orang punya kegugupan masing-masing dalam level berbeda-beda.

Beberapa orang yang biasa kamu liat di TV atau youtube ada yang mencoba mengatasinya pake makan permen sebelum bicara, ada yang teriak dulu "WOW!" sebelum maju ke depan panggung, ada mainin pulpen juga. Itu ragam cara mereka mengatasi rasa gugup. 

Gugup itu muncul dikarenakan dorongan metabolisme. Ada hormon tertentu yang memang diproduksi saat kita sadar akan berhadapan dengan posisi bicara di depan umum. Biasanya hal ini semakin kuat muncul karena kita sendiri bikin asumsi aneh-aneh. "Gmana kalau peserta pada tidur, gmana kalau pas di depan nanti aku dihujat, gmana kalau salah ngomong." dan gmana gmana negative thinking lainnya yang muncul sebelum maju.

Hal pertama sebelum public speaking yang perlu kita selesaikan adalah mengatasi rasa gugup dengan cara maju aja dan rasakan langsung public speaking! Serius.

Itu sebabnya juga modul pertama dalam beragam kelas public speaking yang harganya jutaan itu isinya adalah mengatasi rasa gugup. Kalau kamu bisa mengatasinya, kamu berhemat jutaan rupiah loh.


Breaking The Barrier

Biasanya kita punya barrier, halangan tertentu yang sengaja kita buat sebelumnya. Ketika barrier itu didobrak dan kamu merasakan pengalaman sebenarnya, barulah di sana muncul rasa senang, enjoy sampai kamu bilang, "ternyata ga seburuk keliatannya ya."

Pengalaman pribadiku sendiri mulai berani muncul di depan publik karena paksaan guru SD yang meminta saya memimpin upacara bendera. Duh elah serem banget itu. Begitu maju dan memimpin, ternyata saya bisa walau masih terbata-bata. Tapi rasa takut di awal sudah hilang karena sudah merasakan langsung.

Dilanjut dengan kompetisi sinden (ya bener saya pernah nyinden) se-Sumedang dan lomba pidato. Si saya yang introvert saat itu dilempar paksa ke dunia orang-orang ekstrovert yang lebih terbiasa tampil di depan umum. Hasilnya? Ternyata ketika dicoba beberapa kali, saya menemukan kesenangan ketika bisa berbagi sesuatu dengan cara berbicara di depan orang lain. Entah sekadar berbagi cerita, hikmah sederhana atau apapun itu. Kesenangan yang diperoleh ini membuat barrier yang sebelumnya ada di depan saya bisa didobrak.

Setiap orang akan punya pengalaman masing-masing tentang bagaimana dia bisa mengatasi barrier yang ada. Tapi hal itu gak akan pernah terjadi kalau kita ga pernah berani untuk mencoba.

Nah sekarang, ciptakan momen menghancurkan tembok itu dengan cara mencoba. Kamu bisa bikin kegiatan kecil-kecilan sendiri, nyoba cerita di depan keluarga, depan kaca, atau berpura-pura ngisi materi di zoom. Bebas! Ada banyak cara untuk mencoba.

Kalau kamu menemukan kegagalan-kegagalan saat mencoba: ngomomg ga jelas, salah sebut, banyak "eeeem", dan sebagainya gmana? Gak masalah juga. Wajar. Namanya juga baru nyoba. Dari situ kamu coba lebih jauh di kesempatan lainnya.


Mengatasi Gugup

Gak ada strategi yang sapu jagat buat mengatasi gugup karena penyebab gugup setiap orang berbeda beda. Semakin kamu memahami kenapa kamu merasa gugup maka semakin kamu tau gmana caranya mengatasi demam panggung. Karena treatment yang diperlukan beda-beda sesuai penyebabnya. Misal: yang membuat kamu gugup adalah adanya pejabat di sana, kalau ada kesempatan coba ngobrol santai sama pejabatnya dulu sebelum maju. 

Ada beberapa cara yang banyak digunakan orang untuk mengatasi rasa gugup. Kamu bisa pilih cara paling sesuai dengan penyebab gugup kamu masing-masing ya:

  1. Makan sesuatu. Misal permen karet, permen mint.
  2. Fidgeting. Mainkan benda yang bisa mengatasi rasa gugup seperti fidget spinner, memainkan pulpen
  3. Cuci muka atau berwudhu
  4. Bergerak atau olah raga ringan
  5. Mengatur nafas
  6. Teriak sewajarnya. Tong gogorowokan. Misal ngomong "Wow!"
  7. Beri waktu buat menatap semua audience sebelum mulai ngomong
  8. Latihan yang bener sebelum public speaking

Gmana tips trik teknisnya untuk public speaking? Buka link dalam pena-pena lainnya berikut:

---------------------------------------

Public Speaking

Pena 1. Mulai Berpublic Speaking

Pena 2. Tips Public Speaking Pemula

Pena 3. Tips Public Speaking Tingkat Lanjut

Pena 4. Statistik Menarik Public Speaking

No comments:

Post a Comment